Gejala Kanker Paru Paru Stadium Awal

Gejala Kanker Paru Paru Stadium Awal

Gejala Kanker Paru Paru Stadium Awal Yang Wajib Anda Ketahui Agar Penyakit Kanker Paru Paru Dapat Diatasi Sedini Mungkin. Apa Saja Ya ?


Gejala Kanker Paru Paru Stadium AwalKanker Paru paru merupakan salah satu jenis kanker yang banyak menyerang masarakat indonesia terutama pada kaum pria.

Kanker Paru Paru ini dapat dikatakan sebagai penyakit SILENT KILLER atau penyakit diam diam yang bisa mematikan.

Tingginya angka kematian akibat penyakit kanker ini juga disebabkan karena penyakit ini SULIT TERDETEKSI dan kebanyakan penderitanya baru sadar ketika kankernya sudah stadium 4.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui Apa Saja Tanda Dan Gejala Kanker Paru Paru Stadium Awal Agar Penyakit ini dapat dicegah sedini mungkin.

Kenali Penyakit Kanker Paru Paru Stadium Awal

Banyak orang yang tidak menyadari gejala penyakit kanker paru-paru stadium awal ini karena kebanyakan gejala dari penyakit ini tidak khas dan hampir menyerupai gejala penyakit lain seperti TBC , Pneunomia , Abses Paru Dan Bronkitis.

Berikut ini merupakan beberapa gejala yang muncul pada penyakit kanker paru paru stadium awal :

⇒ Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh

Batuk akibat pilek atau flu biasanya akan sembuh kurang dari 1 minggu, Namun jika anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh setelah 2 pekan anda harus waspada, karena batuk tersebut bisa menandakan bahwa ada penyakit lain yang lebih serius, salah satunya adalah penyakit kanker paru paru. Untuk mengetahuinya sebaiknya anda periksakan diri ke dokter.

⇒ Batuk Mengeluarkan Darah

Salah satu tanda penyakit kanker paru paru adalah batuk yang disertai dengan keluarnya darah atau bercak darah. Untuk memastikan apakah batuk disertai darah ini sebagai tanda awal kanker paru paru, anda harus memeriksakan diri ke dokter dengan melakukan rontgen dada.

⇒ Nafas Terasa Sesak

Jika anda merasakan sesak nafas secara tiba-tiba meskipun hanya melakukan aktifitas yang ringan , Ini merupakan sebagai tanda dan gejala kanker paru paru stadium awal.

Sesaknya nafas ini terjadi karena adanya sel kanker yang menghalangi organ pernapasan anda, atau disebabkan karena penumpukan cairan di paru paru sehingga menyebabkan sesak napas.

⇒ Dada Terasa Sakit

Selain membuat sesak napas, kanker paru paru juga menyebabkan bagian dada penderitanya terasa sakit dan nyeri.

Rasa nyeri tersebut tidak hanya timbul di bagian dada, tapi juga menyebar ke bagian punggung dan bahu. Rasa nyeri yang muncul biasanya terasa sangat tajam , muncul terus menerus dan hilang timbul. Dan rasa sakit tersebut terasa berat ketika bernafas , tertawa dan batuk.

⇒ Suara Menjadi Berubah

Tanda lainya dari penyakit kanker paru adalah adanya perubahan pada suara anda, Penderita penyakit kanker paru paru biasanya suaranya akan berubah menjadi serak.

Pada umumnya suara serak disebabkan karena adanya peradangan pada saluran pernapasan akibat penyakit pilek dan akan sembuh kurang dari 1 minggu, namun jika suara serak berlangsung lebih dari 2 minggu, maka bisa jadi suara serak tersebut disebabkan kanker paru.

⇒ Munculnya Suara Dari Dada Ketika Bernafas ( Bengek ) / Mengi

Suara ini biasanya akan muncul ketika anda menarik dan mengeluarkan nafas, suara tersebut bersumber dari dalam dada,  Suara mengi ini umumnya di derita oleh mereka yang memiliki penyakit asma / sesak nafas. Namun anda juga harus waspada jika mengalami hal ini, karena munculnya suara mengi bisa menjadi pertanda adanya penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker paru paru.

⇒ Sakit Kepala Yang Tak Kunjung Hilang

Rasa nyeri dari penyakit kanker paru paru adalah munculnya sakit kepala, Rasa nyeri pada kepala ini terjadi karena sel kanker telah menyebar dari paru paru sampai ke otak. Pada beberapa kasus, kanker paru dapat menyebabkan sakit kepala karena tumor menekan saraf yang melalui bagian dada. Tekanan ini dapat mengakibatkan sakit kepala.

⇒ Berat Badan Menurun Drastis

Umumnya penderita penyakit kanker akan mengalami penurunan berat badan secara drastis, Termasuk pada penderita penyakit kanker paru paru ini. Hal tersebut terjadi karena sel kanker yang menggunakan semua energi dan nutrisi tubuh.

Itulah beberapa Tanda Dan Gejala Kanker Paru Paru Stadium Awal , Selain gejala diatas masih banyak gejala lainya yang mengindikasikan penyakit kanker paru paru seperti Tubuh terasa sangat lelah, Demam , Nafsu makan turun , Jari membengkak dan munculnya benjolan mencurigakan di organ tubuh anda.

Mudah -mudahan dengan adanya informasi ini, kita dapat mencegah penyakit kanker paru paru sedini mungkin dan dapat meningkatkan keberhasilan penyembuhan lebih awal.

Beberapa Faktor Resiko Yang Dapat Meningkatkan Potensi Terkena Penyakit Kanker Paru Paru

  • Sering Merokok
  • Paparan Radium dan Abses
  • Terpapar Bahan Karsinogen
  • Faktor Genetik atau Keturunan
  • Sering Menghirup Udara Yang Terkena Polusi
  • Minum air yang mengandung arsenik
  • Pernah mengalami terapi radiasi
  • Mengkonsumsi suplemen diet yang berbahaya

Baca Juga :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Chat Di WhatsApp