9 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan > Kira-Kira Manfaatnya Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Apa Saja Yah? Simak Langsung Yu informasinya Disini.

Apakah anda pernah mendengar tanaman sambiloto? pasti jarangkan mendengarkannya. Memang tanaman ini emang asing, namun jangan salah, tanaman ini banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan.

Perlu anda tau bahwa tanaman ini sering disebut dengan Andrographis paniculata merupakan tanaman yang mempunyai rasa sangat pahit. Tanaman ini Juga ditemukan di salah satu daerah yakni daerah asia dan india. Sudah Lama tanaman ini dimanfaatkan sebagai obat trandisional yang dipercaya mampu menyembuhkan banyak penyakit.

Inilah Manfaat Tanaman Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

Jika anda memesan jamun, Mungkin anda akan menghindari jamu pahitan sambiloto karena rasanya yang tidak enak, namun sambiloto sangat kaya akan manfaat. Berikut Beberapa Manfaat Untuk Kesehatan.

1. Menyembuhkan Pilek Dan Flu

Perlu di ingat bahwa Sambiloto dapat mencegah dan mengobati filek dan flu, Karena sambiloto mengandung antioksidan yang sangat banyak sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda, selain itu sambiloto dapat juga mengurangi gejala seperti demam, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Yang terkandung dalam sambiloto yaitu dapat memabantu anda dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Membantu mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Chinese Medical Journal Tahun 1994 membuktikan bahwa ekstrak A. Paniculata dapat mengulur waktu pembentukan darah dan mencegah penyempitan pemburuh darah. Jadi tanaman ini mampu melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung. Selain mencegah penyakit jantung bisa juga untuk melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah.

3. Membantu Mencegah Diabetes

Sambilato juga dapat membantu mencegah diabetes karena sudah dijelaskan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh indian journal of Pharmacology tahun 2012 menjelaskan bahwa senyawa andrographolide aktif yang terdapat A.paniculata mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik yang mampu mencegah diabetes anda.

Dan juga dijelaskan oleh penelitian pada tikus yang diberi asupan lemak dan gula darah tinggi telah menunjukan bahwa A.paniculata dapat menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolestrol LDL.

4. Membantu Menyembuhkan Infeksi

Di dalam kandungan sambiloto mempunyai sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang membuatnya mampu menyembuhkan penyakit infeksi. Selain dapat menyembuhkan luka ada juga dapat membantu mengobati HIV/AIDS.

Tanaman ini dapat meningkatkan jumlah sel darah dan meningkatkan kekebalan tubuh pada pasien HIV. Sambiloto juga dapat menghentikan proses bakteri yang menyebabkan sinusitis menempel pada lapisan sinus anda. Sehingga, anda lebih cepat sembuh dari sinusitis.

5. Menyembuhkan Masalah Sistem Pencernaan

Tanaman ini mampu juga membantu anda mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan sakit perut. dan menjaga kesehatan saluran cerna anda. A. paniculata juga dapat membantu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati, seperti pembebasaran hati, sakit kuning, dan kerusakan hati akibat obat.

6. Mengatasi tifus

Penyakit tifus atau sering di sebut tipes ini disebabkan oleh adanya bakteri Salmonella Typhi yang dapat menjangkit melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. Biasanya penderita tifus ini menunjukan gejala 1 hingga 3 minggu terinfeksi. Gejala sering mucul seperti, demam tinggi, diare, sakit kepala dan sakit perut.

Cara menggunakan daun sambiloto dengan cara menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun sambiloto untuk direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Setelah itu biarkan mendidih hingga air berkurang setengahnya kira-kira satu gelas. Kemudian air rebusan tersebut selagi hangat.

7. Anti Malaria

Anti malaria disebabkan oleh parasit plasmodium. Di negara dengan iklim tropis termasuk indonesia sudah banyak ditemukan parasit, Jenis Plasmodium yang dapat menyerang manusia ada 5 jenis namun Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax dan Plasmodium Falciparum lah yang paling berbahaya.

Cara buat ramuan sambiloto yaitu, dengan cara siapkan segenggam daun sambiloto, kemudian rebus dengan empat gelas air dan biarkan mendidih hingga menjadi 2 gelas. Setelah itu saring dan minumlah secara teratur 3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas hingga kondisi membaik.

8. Sebagai Obat TB Paru

Perlu anda ketahui bahwa penyakit ini sangat berbahya karena dapat menyebabkan kematian ke tiga setelah penyakit kardiovaskuler dan tuberkolosis. Radang paru bisa disebabkan adanya virus, bakteri dan jamur, yang dapat terjadi karena penghirupan mikroorganisme dari udara tercemar, dan juga karena aliran darah dari infeksi di organ tubuh yang lain.

Cara menggunakan daun sambiloto dengan cara, siapkan 9 hingga 15 gram daun yang sudah dikeringkan, lalu rebus dengan 3 gelas air didihkan sampai 1 gelas. Kemudian saring setelah dingin, Lalu minum rebusanya sebanyak 2 kali dalam sehari 1/2 gelas setiap kali minum.

9. Meringkan Hingga Meredakan Radang Tenggorokan

Manfaat dari Daun Sambiloto juga sebagai mengeringkan dan meredakan radang tenggorokan, Radang tenggorokan terbagi menjadi dua yaitu disebabkan oleh infeksi virus dan tumor, Yang sering terjadi karena adanya infeksi virus. Terkena tenggorokan sudah pasti menimbulkan perasaan sakit dan tidak nyaman dan juga sakit saat menelan.

Cara penggunaanya daun sambiloto dengan cara, siapkan 1 gram daun sambiloto yang sudah dalam bentuk bubu untuk diseduh dengan air panas. Minum ketika sudah dingin. Konsumsi 3 sampai 4 kali sehari jika perlu.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *