7 Gejala Penyakit Kanker Otak

7 Gejala Penyakit Kanker Otak > Kira-Kira Apa Saja Yah Gejala Kanker Otak Yang Harus Anda Waspadai? Langsung Simak Yu Disini


Kanker otak merupakan salah satu pertumbuhan sel tidak normal yang bersifat ganas. Sel kanker dapat mengusai ruang, darah, serta nutrisi dari sel sehat dalam darah. Berdasarkan dilihat dari jenisnya, kanker otak bersifat jinak atau ganas, tumor ganas pada otak atau kanker cenderung tumbuh lebih cepat dan menyebar ke bagian tubuh lain, serta akan muncul kembali walaupun sudah diangkat.

Menurut data dari WHO pada tahun 2018 kasus kanker baru di indonesia hampir mencapai 350 ribu. Dari kasus tersebut, kanker otak menempati urutan ke-17 dengan penderita lebih dari 5000 orang.

Inilah Gejala Penyakit Kanker Otak

7 Gejala Penyakit Kanker OtakKanker otak terdapat 4 stadium dari segi perkembangan sel tumor dan perluasan penyebarannya. Pada stadium 1 sel kanker masih tampak normal dan pertumbuhannya lambat. Stadium 2 pertumbuhan sel kanker yang lambat, tapi mulai tampak tidak normal dan bila diangkat akan tumbuh kembali.

Stadium 3 sel kanker tidak menyurupai sel normal dan perkembangan aktif. Sementara Stadium 4, sel tumor sangat berbeda dengan sel normal dan tumbuh secara tepat. Dibawah ini adalah gejala penyakit kanker otak simak langsung yu dibawah ini.

1. Kejang

Kejang salah satu dimana kondisi gejala kanker otak yang pertama kali muncul, terutama anda pernah mengalami riwayat kenjang sebelumnya. Penyebab dari tumor kanker yang membuat sel saraf bekerja tidak terkendali, yang menyebabkan anggota tubuh anda bergerak menyentak tiba-tiba.

Gejala kejang tidak selalu kelajotan tapi bisa mengalami kejang hebat di seluruh tubuh di bagian tubuh tertentu. Kejang juga dapat ada perubahan sensasi seperti penglihatan, pencium, atau pendengaran tanpa kehilangan kesadaran yang tidak anda sadari

2. Sakit Kepala

Menurut Mike Chen, ahli bedah saraf di City of Hope Hospital di California menjelaskan bahwa sakit kepala salah satu gejala dari kanker otak apabila hadir mendadak, terjadi terus-menerus, dan cenderung memburuk karena tidak kunjung mapan diobati pakai obat biasa. Sakit kepala sering terjadi pada pagi hari, akibat adanya peningkatan tekanan otak yang selama berbaring di tempat tidur dalam jangka waktu lama. Tingkat rasa sakit kepala ini sangat bervariasi tergantung dari besar-kecilnya ukuran tumor kanker

3. Kelamahan Mati Rasa

Lemahnya gerakan tubuh yang dikendalikan oleh otak yang mengganggu tubuh akan kehilangan fungsi geraknya. Kanker otak bisa menyebabkan mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki yang terjadi karena tumor yang berkembang di batang otak, tempat dimana otak terhubung dengan sumsum tulang belakang.

4. Perubahan penglihatan

Tumor otak merupakan salah satu yang menyerang yang berada di dekat saraf mata yang menyebabkan penglihatan ganda, penglihatan kabur, dan kehilangan penglihatan bertahap. Namun kebanyakan tidak menyadari akan gangguan penglihatan sampai terus menerus mengalami keteledoran saat beraktivitas, misalnya kejedot tembok karena salah memperkirakan jarak atau bahkan kecelakaan mobil berulang kali.

5. Perubahan Cara Bicara

Kalau bicara gagap atau terbata-bata, berbicara melantur, hingga kesulitan mengucap nama benda padahal sudah di ujung lidah adalah salah satu gejala kunci dari kanker otak lobus frontal atau temporal. Lobus merupakan salah satu area otak yang terkait dengan fungsi motorik dari pemahaman bahasa dan bicara

6. Gangguan Kognitif

Gejala kanker otak bisa menyebabkan gangguan kognitif, seperti sulit mengingat sesuatu, konsentrasi buruk, mudah bingung, atau linglung, kesulitan berpikir jernih, kesulitan memproses informasi, dan kesulitan memahami apa yang orang lain katakan

7. Kehilangan Keseimbangan

Fungsi motorik yaitu salah satu tubuh yang dikendalikan oleh batang otak. Kalau ada tumor ganas di bagian otak akan cenderung mudah untuk kehilangan keseimbangan yang bisa ditandai dengan merasa goyah ketika berdiri, berdiri miring ke satu tanpa disadari, sering jatuh, hingga sulit berjalan.

Terutama dalam kegelapan, kalau masalah keseimbangan juga merupakan gejala silent multiple sclerosis itulah penyebab dari kanker otak. Maka dari itu anda harus segera konsultasi lebih lanjut dengan dokter jika anda mencurigai gejala-gejala di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *