26 Penyebab Keputihan

Penyebab Keputihan – Masalah keputihan merupakan masalah klasik yang dialami oleh kebanyakan kaum wanita, Namun sangat disayangkan, Banyak diantara wanita yang tidak mengetahui mengenai keputihan dan apa penyebabnya, sehingga banyak kaum wanita yang menganggap keputihan merupakan hal yang biasa.

Perlu anda ketahui bahwa masalah keputihan yang tidak ditangani dengan baik dapat membahayakan kesehatan anda, Salah satu contoh penyakit yang berawal dari keputihan adalah kemandulan, kehamilan di luar kandungan, dan yang paling berbahaya adalah penyakit kanker rahim. Itulah beberapa bahaya yang akan menyerang anda jika masalah keputihan terus dibiarkan.

Semua wanita pasti pernah mengalami keputihan, hal ini merupakan kondisi alami ini berfungsi untuk melindungi serta membersihkan vagina dari iritasi dan infeksi. Masalah keputihan juga sering dialami oleh ibu hamil , hal tersebut terjadi karena wanita hamil telah mengalami perubahan hormon.

Ada 2 Jenis Keputihan Pada Wanita Yakni Keputihan Yang Bersifat Fisiologis (normal) dan Patologis(tidak normal).

Penyebab Keputihan

⇒ Keputihan Fisiologis atau Keputihan Normal

Keputihan Fisiologis merupakan keputihan yang sering terjadi setiap bulan, Yakni pada saat menjelang menstruasi dan pada masa subur. Pada masa-masa tersebut biasanya lendir keputihan akan berlebih dan anda tidak perlu takut karena hal tersebut merupakan normal dan biasanya tidak disertai dengan rasa gatal dan tidak berbau. Dan Keputihan jenis ini tidak akan mempengaruhi janin wanita yang sedang hamil karena adanya selaput ketuban yang melindungi janin.

Berikut ini merupakan Ciri-ciri Keputihan Normal :

  • Cairan yang keluar berwarna bening
  • Tidak Mengeluarkan Bau
  • Tidak Lengket
  • Bentuk Cairanya Encer
  • Tidak Disertai Dengan Rasa Gatal
  • Jumlah cairan yang keluar tidak terlalu banyak

⇒ Keputihan Patologis atau Keputihan Tidak Normal

Keputihan jenis ini merupakan keputihan yang bisa menyebabkan penyakit. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi dan biasanya disertai rasa gatal pada vagina atau sekitar bibir vagina bagian luar , Hal hal yang dapat menyebabkan keputihan tidak normal adalah bakteri, virus, parasit dan juga jamur. Infeksi ini dapat menyebar dan bisa menyebabkan infeksi saluran kencing, dan menyebabkan wanita mengalami sakit saat buang air kecil.

Keputihan patologis juga menjadi penyebab seorang wanita hamil lahir prematur dan biasanya menyebabkan bayi yang lahir terkena infeksi, bayi yang terkena infeksi virus biasanya akan mengalami berbagai macam gangguan seperti gangguan pencernaan, gangguan pernapasan bahkan menyebabkan kematian.

Berikut ini merupakan Ciri-ciri Keputihan Tidak Normal :

  • Cairan Keputihan Yang Keluar Berwarna Putih susu, Hijau Dan Kuning
  • Cairan Yang keluar Biasanya Lengket Dan Kental
  • Mengeluarkan Bau Yang Menyengat
  • Disertai Rasa Gatal pada vagina Dan Bibir Vagina Bagian Luar
  • Cairan Yang Keluar Jumlahnya Banyak
  • Meninggalkan Bekas Bercak-bercak pada celana
  • Terkadang Cairanya Berbusa
  • Mengalami Sakit Saat Kencing

Penyebab Keputihan Secara Umum

Penyebab KeputihanSetelah membahas mengenai Jenis Keputihan Dan Ciri Ciri Keputihan Normal Dan Tidak Normal , Pada paragraf ini akan dibahas mengenai beberapa penyebab keputihan secara umum :

  1. Karena Kadar Hormon yang tidak seimbang
  2. Memiliki penyakit tertentu
  3. Terjadi Kerusakan keseimbangan biologis dan keasaman (ph) lingkungan vagina.
  4. Tidak cebok menggunakan air, Dan sering cebok menggunakan tissue baik itu ketika buang air kecil ataupun buang air besar
  5. Menggunakan CD yang ketat dan bukan bahan katun sehingga mudah berkeringat dan Hal ini dapat membuat jamur tumbuh dengan mudah di organ vital anda.
  6. Karena sering buang air besar atau buang air kecil di WC umum yang tidak steril atau kotor
  7. Tidak mengganti panty liner
  8. Karena Kesalahan Membersihkan Vagina dari arah yang salah yakni dari arah anus ke arah depan vagina.
  9. Menggunakan Celana dalam orang lain, Biasanya hal ini terjadi ketika kita meminjam celana dalam teman.
  10. Kebersihan organ intim yang kurang terjaga
  11. Faktor kelelahan yang berlebih
  12. Stress
  13. Saat menstruasi jarang mengganti pembalut atau tidak sering mengganti pembalut ketika sudah penuh.
  14. Sering membasuh vagina, yang harus dibasuh adalah vulva (bagian yang menggembung) dan bukan vaginanya
  15. Kurangnya Menerapkan Pola Hidup Sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, tidur kurang)
  16. Sanitasi Lingkungan Yang kotor dan tercemar
  17. Sering mandi berendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.
  18. Sering berganti pasangan dalam berhubungan sex
  19. Kadar gula darah tinggi
  20. Sering menggaruk vagina

Sedangkan dengan memperhatikan cairan yang keluar, kadang-kadang dapat diketahui penyebab keputihan.

  • Infeksi kencing nanah, misalnya, menghasilkan cairan kental, bernanah dan berwarna kuning kehijauan.
  • Keputihan yang disertai bau busuk dapat disebabkan oleh kanker.
  • Keputihan akibat jamur Candida albicans, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna putih seperti susu,cairan kental, bau tak sedap dan sangat gatal, terkadang dapat menimbulkan radang pada vagina sehingga kelihatan kemerahan.
  • Keputihan akibat bakteri Vaginosis atau Gardnerella, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna abu-abu, tidak terlalu kental, cairan berbuih, mengeluarkan bau yang amis, dan gatal yang mengganggu.
  • Keputihan akibat parasit Trichomonas vaginalis, Keputihan jenis ini memiliki ciri-ciri warna kehijauan atau kuning, cairan berbuih dan bau amis, tidak menimbulkan gatal, tetapi saat ditekan, vagina akan terasa sakit. keputihan ini dapat ditularkan melalu hubungan seks yang tidak sehat, perlengkapan kamar mandi atau kloset.
  • Keputihan akibat virus, Keputihan jenis ini dapat diakibatkan oleh virus, HIV, Herpes atau Candyloma. keputihan yang diakibatkan oleh jenis ini dapat memicu kanker rahim, pada keputihan herpes biasanya disertai tanda-tanda herpes seperti luka yang melepuh, sedangkan pada keputihan candyloma disertai tanda-tanda candyloma berupa kutil-kutil yang tumbuh di vagina atau rahim. Penyakit herpes atau candyloma terkadang tidak terdeteksi secara dini, karena umumnya tanda-tandanya tidak mudah terlihat, karena muncul di dalam vagina.

Jangan Lupa Untuk Share Ke Teman-Teman Ya 🙂

Salam Sehat

Agis Maulana Herbal

Baca Juga :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Chat Di WhatsApp