12 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

12 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan > Kira-Kira Apa Saja Yah Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Mau Tau Jawabanya? Makanya Simak Yu Disini


12 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

12 Manfaat Asam Jawa Untuk KesehatanAsam jawa atau Tamarindus indica, tanaman ini biasa di gunakan sebagai bumbu masakan. Umumnya digunakan untuk memberi rasa asam pada makanan khas Indonesia.

Anda pernah makan sayur asam atau pempek? Nah, kuahnya pasti mengandung campuran asam jawa. Asam jawa tidak hanya digunakan sebagai pelengkap rasa masakan. Pohon asam yang dimanfaatkan daun dan buahnya ini bisa digunakan menjadi obat herbal alami yang bisa mengobati berbagai penyakit.

1. Mengobati disentri

Penyakit Disentri merupakan penyakit yang menyerang usus. Gejala penyakit ini ditandai dengan perut terasa mulas, BAB di sertai darah dan lender. Penyakit ini disebabkan oleh perkembangan bakteri dan amoeba. Untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi asam jawa langsung sembuh.

2. Mengobati penyakit difteri

Penyakit difteri dapat menyerang saluran pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri corynebacterium diphtheria. Ditandai dengan sakit tenggorokan, panas tinggi, dan penderita merasa sulit bernafas dan menelan makanan, serta adanya lender dalam hidung dan mulut. Untuk mengatasinya dengan cara mengkonsumsi asam jawa.

3. Mengatasi darah rendah

Untuk mengatasi darah rendah degan menggunakan asam jawa dengan cara. Siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram gula, 250 gram daun bayam, 15 gram cabai rawit, dan garam secukupnya. Kemudian rebus daun bayam setengah matang untuk di jadikan lalapan.

4. Mengobati ambeien

Jika anda mengalami ambeien, cobalah anda atasi menggunakan asam jawa. Dengan cara Siapkan 6 gram daun keji beling, 6 gram meniran, 3 gram temulawak, dan 1 gram asam jawa tentunya. Semua bahan di rebus dengan 1 liter air. Setelah direbus biarkan dingin dan kemudian saring airnya. Minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari. Baca Juga : Obat Ambeien Di Apotik

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat dari asam jawa dapat menurunkan kolesterol. Kolesterol bisa di kurangi kadarnya dengan asam jawa. Yaitu dengan cara Siapkan 200 gram asam jawa dan tumbuk sampai halus. Tuangkan 200 ml air panas dan saring airnya. Setelah itu diminum 3 kali sehari.

6. Mengobati nyeri haid

Kebanyakan wanita pasti sering mengalami nyeri saat haid. Untuk mengatasinya yaitu menggunakan asam jawa dengan cara siapkan satu genggam asam jawa yang masih muda dan kunyit sebesar 2 jari. Tumbuk bahan tersebut dan selanjutnya rebus bersama 1 gelas air. Saring airnya dan minum selama satu minggu sebelum masa haid.

7. Mengobati bisul

Bisul sangat menyiksa apalagi letaknya dibagian pantat. Untuk mengatasinya, dengan cara, siapkan 5 gram asam jawa, 10 gram daun kangkung, 10 gram daun bayam duri, dan garam secukupnya. Semua bahan di tumbuk hingga halus. Tempelkan ramuan tersebut di bisul sampai merata.

8. Mengobati sakit perut

Kalau anda mengalami sakit perut susah untuk disembuhkan, Cobalah untuk membuat ramuan asam jawa ini. Dengan Cara Siapkan 3 buah polong asam jawa, kapur sirih, dan minyak kayu putih.

Asam jawa dan kapur sirih di tumbuk sapai halus. Tambahkan minyak kayu putih dan aduk sampai merata. Balurlkan ramuan tersebut pada perut yang terasa sakit.

9. Mengobati keputihan

Kebanyakan wanita pasti mengalami keputihan. Untuk mengatasinya dengtan cara mnggunakan asam jawa. Dengan cara Ambil asam jawa sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas, 5 cm kunyit rimpang, dan gula aren. Haluskan daun beluntas dan kunyit. Seduh dengan setengah gelas air panas. Beri asam jawa dan gula aren dan aduk rata. Saring airnya dan minum setiap malam.

10. Mengobati borok

Borok merupakan luka yang terinfeksi pada kulit yang terbuka dan terasa gatal. Untuk menggunakan asam jawa. Caranya, sediakan beberapa biji asam jawa dan tumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan pada borok dan usahakan di perban. Ganti ramuan setiap harinya.

11. Bengkak karena digigit serangga

Manfaat dari asam jawa sebagai mengobati akibat digigit serangga. Untuk mengobatinya segera siapkan ramuan asam jawa. Caranya, siapkan 3 biji asam jawa kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan pada titik bengkak secara merata. Pastikan bagian ang bengkak sudah bersih sebelum di oleskan ramuan tersebut.

12. Mengobati penyakit campak

Penyakit campak disebabkan oleh virus. Untuk cara mengatasinya mengkonsumsi asam jawa dengan cara, 3 gelas daun asam jawa, 3 iris rimpang kunyit, garam dan gula aren secukupnya. Kesemuanya di rebusa dalam 2 air. Setelah dingin, saring airnya dan minum 2 kali sehari secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *