10 Manfaat kemuning Untuk Kesehatan

10 Manfaat Kemuning Untuk Kesehatan > Yang Wajib Anda Ketahui Kira-Kira Apa Saja Yah Manfaat Kemuning Untuk Kesehatan? Simak Yu Informasinya Disini


10 Manfaat kemuning Untuk KesehatanKemuning merupakan tumbuh liar di semak belukar, di tepi hutan atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Kemuning memiliki nama latin Murrya paniculata L.Jack kemuning tumbuh baik di daerah dataran rendah hingga ketinggian 400 meter.

Kemuning memiliki batang keras, beralur dan tidak berduri. Tingginya mencapai 3-8m. Kemuning mengandung cadine, geraniol, eugenol, citrenellol, mexotioin, scopeletin, tanin dan coumorrayin. Dan juga kemuning memiliki rasa yang pedas, pahit.

1. Meredakan sakit gigi

Sakit gigi sangat mengganggu menjalani aktivitas sehari-hari. Nah, untuk mengobati sakit gigi secara alami, anda bisa menggunakan kemuning. Dengan cara gores kulit batang kemuning untuk mendapatkan minyaknya. Panaskan minyak alami ini dengan api kecil selama beberapa saat. Teteskan minyak ini pada gigi yang sakit

2. Menghancurkan batu ginjal

Cara menghancurkan batu ginjal yaitu dengan cara menggunakan kemuning dengan cara, haluskan 30 gram daun kemuning ke dalam blender yang berisi 150 ml air. Setelah disaring, airnya segera minum sampai habis. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari.

3. Mengobati infeksi saluran kemih

Cara mengobati infeksi saluran kemih dengan cara menggunakan kemuning. Cara mengolahnya yaitu, Cuci dan rebus 35 gr daun kemuning bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut separuhnya. Setelah airnya menjadi dingin, saring dan minum di pagi, siang, dan malam hari, masing-masing ½ gelas.

4. Mengatasi haid tidak lancar

Kebanyakan wanita mengalami menstruasi yang kurang lancar. Cobalah menggunakan kemuning dengan cara. Ambil ½ genggam daun pacar kuku (Lawsonia inermis), 1 jari rimpang temulawak, dan ½ genggam daun kemuning. Cuci semua bahan, kemudian diiris-iris. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja. Saring dan minum airnya setalah dingin di pagi dan malam hari, dengan takaran ½ gelas. Baca Juga : Obat Pelancar Haid Di Apotik

5. Mengatasi Rematik

Untuk mengatasi rematik, cobalah menggunakan kemuning dengan cara. Potong-potong akar tembelekan (Lantana camara) dan akar kemuning. Siapkan juga 3 pasang kaki ayam. Setelah semua bahan dicuci, potong-potong ketiganya. Semua bahan direndam dalam mangkuk aluminium berisi air, masukkan ke dalam panic berisi air. Rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat.

6. Mengobati bisul

Bisul memang menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ambil 30 gram akar kemuning kering kemudian cuci dengan air mengalir dan dipotong-potong. lalu rebus bersama 3 gelas air, hingga airnya menyusut 2 gelas. Setelah airnya diinginkan, saring. Minum airnya di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.

7. Mengobati diare

Kemuning dapat mengobati diare. Seperti perut sakit, mencret-mencret, dan kotoran berwujud encer sebaiknya segera diobati. Cara mengolahnya dengan cara. ambil saja sekitar 10 lembar daun kemuning, lalu dicuci hingga bersih. rebus daun kemuning tersebut hingga mendidih dengan air secukupnya. angkat dan saring di dalam gelas. setelah dingin, silakan diminum air rebusannya untuk mengatasi gejala diare yang menyerang.

8. Menurunkan Berat Badan

Daun kemuning segar dapat menurunkan berat badan dengan cara, sediakan daun kemuning genggaman dan titik-temu menggiring sebanyak setengah jari yang digiling halus. Tambahkan 1 gelas air masak, aduk merata. Peras kainnya. Air yang masih harus diminum segera setelah pagi hari sebelum dikonsumsi.

9. Mengatasi Sakit Punggung

Untuk mengatasi sakit punggung yaitu dengan cara, cuci 30 gr akar kemuning kering dan 10 gram jahe merah muda lalu, direbus dengan empat ratus Ml kecuali sisanya 200 ml. Saat dingin, saring air mendidih, lalu minum dua kali sehari Setiap 100 ml.

10. Membantu mengatasi peradangan

Manfaat daun kemuning yaitu dapat mengatasi masalah peradangan, Karena di dalam kemuning memiliki manfaat untuk mengobati berbagai jenis peradangan, baik itu radang pada kulit maupun organ tubuh dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *